TUMBUH KEMBANG KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KELUARGA UTUH DAN TIDAK UTUH

ASMAYEWATI, ASMAYEWATI (2016) TUMBUH KEMBANG KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KELUARGA UTUH DAN TIDAK UTUH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tumbuh kembang kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) sangat penting dimiliki oleh setiap anak. Keluarga merupakan pusat pendidikan pertama dan utama yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Keutuhan keluarga sangat berpengaruh dan berperan penting pada baik tidaknya tumbuh kembang kemampuan calistung anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tumbuh kembang kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) anak usia 5-6 tahun pada keluarga utuh dan tidak utuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek penelitian berjumlah 2 anak dan keluarga yang utuh dan keluarga tidak utuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga yang utuh berasosiasi positif terhadap tumbuh kembang kemampuan calistung anak dimana anak dengan keluarga utuh sudah mampu membaca yaitu anak dapat manyebutkan huruf yang dikenal, mengenal suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya, dapat membaca nama sendiri, Icha dapat menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama. Kemampuan menulis berupa Icha sudah mampu menggunakan alat tulis dengan benar, Icha dapat menulis nama sendiri, dan mampu menyusun kalimat sederhana. Kemampuan berhitung yaitu berupa menyebutkan lambang bilangan , mengurutkan benda berdasarkan ukuran dengan baik. Sedangkan keluarga yang tidak utuh berasosiasi negatif terhadap tumbuh kembang calistung anak dimana anak belum mampu dalam hal membaca dan menulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tumbuh kembang kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) anak usia 5-6 tahun pada keluarga utuh sudah berbembang dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keluarga,Calistung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:26
Last Modified: 25 Jul 2018 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6684

Actions (login required)

View Item View Item