PENGEMBANGAN PENERAPAN KARTU ANGKA DAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR-RAHMAN KERTASARI KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HASANAH, RAUDATUL (2016) PENGEMBANGAN PENERAPAN KARTU ANGKA DAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR-RAHMAN KERTASARI KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RAUDATUL KHASANAH E1F113056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan kognitif anak dan kegiatan bermain kartu angka dan gambar jarang diterapkan pada pengembangan kognitif pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ar-Rahman Kertasari. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti menerapkan kegiatan bermain kartu angka dan gambar untuk meningkatkan kognitif anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengembangan penerapan permainan kartu angka dan gambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ar-Rahman Kertasari Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2016/2017? Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan kartu angka dan gambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ar-Rahman Kertasari Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan bermain kartu angka dilakukan dengan langkah-langkah menunjukkan kartu angka dan gambar, menunjuk dan menyebutkan angka, menghubungkan angka dengan gambar dan membilang angka berdasarkan jumlah gambar. Pengembangan I kemampuan kognitif anak baru mencapai nilai 54.26% termasuk dalam kategori kurang. Pada pengembangan II guru melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran yang tidak dilaksanakan pada pengembangan I sehingga pada pengembangan II terjadi peningkatan mencapai rata-rata 67.7% termasuk kategori cukup. Pada pengembangan III, kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan sangat baik dimana semua sehingga persentase kemampuan kognitif anak meningkat secara signifikan menjadi 84.71% termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan apabila bermain kartu angka dan gambar dilakukan dengan benar dan optimal maka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Ar-Rahman Kertasari Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan kognitif, bermain kartu angka dan kartu gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item