MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN BALOK DI RA NW PENEGUK LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017

RONAINI, RONAINI (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN BALOK DI RA NW PENEGUK LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RONAINI E1F012042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di RA NW Peneguk terkait dengan kemampuan kerjasama anak yang masih kurang berkembang seperti anak tidak mau bermain bersama teman, tidak mau saling tolong menolong, tidak bisa mengontrol emosinya sehingga ketika bermain balok anak berebutan APE balok yang akan mereka gunakan untuk menyelesaikan tugas masing-masing. Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di RA NW Peneguk Tahun Ajaran 2016/2017? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kalaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru pendamping untuk berkonsultasi mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dikembangkan oleh peneliti. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di RA NW Peneguk Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di RA NW Peneguk Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 8 orang anak yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan, kemudian dalam kegiatan belajar mengajar anak dibagi menjadi 2 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik deskreptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap siklus I nilai yang diperoleh anak 67,8 %, sedangkan pada tahap siklus II mengalami peningkatan yaitu 80,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan melalui bermain balok. Guru dan kepala sekolah agar lebih banyak berinteraksi kepada anak didik, dan memberi pendampingan yang optimal untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui bermain balok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan kerjasama, balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item