PERBEDAAN KEMANDIRIAN DITINJAU DARI PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK KELAS B DI TK NEGERI PEMBINA PEDESAAN TUNAS HARAPAN DASAN TAPEN TAHUN AJARAN 2016/2017

NURHIDAYATI, SITI (2016) PERBEDAAN KEMANDIRIAN DITINJAU DARI PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK KELAS B DI TK NEGERI PEMBINA PEDESAAN TUNAS HARAPAN DASAN TAPEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURHIDAYATI E1F012045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perbedaan kemandirian usia 5-6 tahun yang berbeda-beda setiap anak walaupun kegiatan yang diberikan guru sama dengan alat dan media yang sama serta langkah-langkah pembelajarannya sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemandirian ditinjau dari partisipasi dalam pembelajaran pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Pedesaan Tunas Harapan Dasan Tapen tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif ex post facto. Adapun tekhnik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang merupakan tekhnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi terstruktur. Observasi terstruktur adalah observasi yang telah dirancang secara sistematis, tentang apa yang akan diamati, kapan dan dimana tempatnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen yang relevan menurut ahli I dan ahli II. Instrumen yang relevan diuji lagi dengan uji korelasi product moment untuk mengetahui kevalidan instrumen tersebut. Dari hasil uji coba diperoleh 21 instrumen yang valid dari 30 instrumen pada instrumen kemandirian dan 23 instrumen yang valid dari 30 instrumen pada instrumen partisipasi dalam pembelajaran. Untuk menguji normalitas data digunakan rumus chi-kuadrat. Pada instrumen kemandirian diperoleh X2 hitung =0,435 sedangkan pada instrumen partisipasi dalam pembelajaran diperoleh X2 hitung =1,174 kemudian dibandingkan dengan X2 tabel=11,070. Dengan demikian data kedua variabel berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan rumus analisis varian satu jalur diperoleh = 86,39 > = 4,08 dengan taraf signifikansi 5% dan N=46. Sehingga adanya perbedaan yang menunjukkan kemandirian anak-anak pada kelompok A1 lebih tinggi daripada kelompok A2 ditinjau dari partisipasi dalam pembelajaran pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Pedesaan Tunas Harapan Dasan Tapen Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Partisipasi dalam Pembelajaran, Kemandirian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item