Rahmawati, Novi (2018) PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMP NEGERI 3 JONGGAT. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL NOVI RAHMAWATI.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan kombinasi model cooperative learning tipe think pair share dan numbered head together terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan nonequivalen control group design. Data hasil belajar PPKn diambil menggunakan tes pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji parametrik yang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PPKn siswa antara kelas eskperimen yang menerapkan kombinasi model cooperative learning tipe think pair share dan numbered head together dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kombinasi model cooperative learning tipe think pair share dan numbered head together terhadap hasil belajar PPKn siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | TPS, NHT, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 01:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 01:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6722 |
Actions (login required)
View Item |