PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 SELONG TAHUN AJARAN 2014/2015

SUSANTO, DHARMAWAN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 SELONG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains fisika siswa SMA Negeri 1 Selong tahun ajaran 2014/2015. Jenis peneilitan ini adalah penelitan eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Minat Sains (MS) SMA Negeri 1 Selong, dengan sampel siswa kelas X MS 1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MS 4 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda beralasan yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabelitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soalnya. Hasil uji homogenitas pretest menunjukkan kemampuan awal kelas eksperimen dan kontrol homogen, sehingga pengaruh perlakuan adalah hasil dari posttest. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test pooled varian dengan kriteria uji t dua pihak, dan diperoleh thitung sebesar 5,38 dan ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Oleh karena - ttabel < thitung > + ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains fisika siswa SMA Negeri 1 Selong tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan proses sains, metode eksperimen, pembelajaran berbasis masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:21
Last Modified: 25 Jul 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item