PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL (Studi Experimen dalam Pembelajaran Tema Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK SDN 1 Labuan Tereng Tahun Ajaran 2016/2017)

MILLATI, LAILI (2017) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL (Studi Experimen dalam Pembelajaran Tema Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK SDN 1 Labuan Tereng Tahun Ajaran 2016/2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAILI MILLATI E1F012021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan sosial di TK SDN 1 Labuan Tereng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas kelompok terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK SDN 1 Labuan Tereng tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan desain one grouf pretestposttest desain, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran perkembanan sosial pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik anak usia 5-6 di TK SDN 1 Labuan Tereng Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 anak. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan normalitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan metode pemberian tugas kelompok dalam pembelajaran terhadap perkembangan sosial anak anak usia 5-6 di TK SDN 1 Labuan Tereng Tahun Ajaran 2016/2017. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,021>2.023 diterima pada taraf sinifikansi 5% sehingga Artinya terdapat perbedaan perkembangan sosial anak sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas kelompok dalam pembelajaran. Nilai rata-rata perkembangan sosial anak setelah diberikannya perlakuan mencapai 59,8, lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan yang hanya mencapai 27,4. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas kelompok dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK SDN 1 Labuan Tereng tahun ajaran 2016/2017. Direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode pemberian tugas kelompok dalam pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan sosial anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial, pemberian tugas kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:21
Last Modified: 25 Jul 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item