MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

ROSDIANA, ROSDIANA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ROSDIANA E1F113063.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk menyampaikan gagasan / ide melalui bahasa lisan. Hasil observasi awal yang dilakukan di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi belajar yang disampaikan guru, guru kurang memotivasi anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, serta kurangnya model pembelajaran yang diberikan. Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan masalah dan perlu adanya strategi pembelajaran di kelas agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan yaitu salah satunya melalui kegiatan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana yang menjadi subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptip. Hasil tindakan pada siklus I berjalan dengan lancar hanya saja ada beberapa anak didik masih mengalami kesulitan dalam berbicara melalui kegiatan tebak gambar sehingga diperoleh persentase kemampuan berbicara anak sebesar 50,11 %, setelah melakukan perbaikan pada siklus II persentase kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Paud As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berbicara, tebak gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:21
Last Modified: 25 Jul 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item