ANALISIS TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) IV KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PATRAWI, MUHAMMAD (2010) ANALISIS TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) IV KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .doc
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar tingkat penguasaan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: faktor kemampuan verbal dalam memahami kata-kata atau istilah dalam kalimat dan faktor kemampuan numerik dalam memahami perhitungan angka-angka yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dari data hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah KKM IV Kabupaten Lombok Barat tingkat penguasaan Matematika siswa cukup baik, tetapi perlu dioptimalkan. Agar tingkat penguasaan menjadi lebih optimal dan baik harus ditunjang oleh kemampuan verbal dan kemampuan numerik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik dengan tingkat penguasaan Matematika siswa MTs KKM IV Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini menggunakan metode ex post fakto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs KKM IV Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 1147 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 230 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan analisis korelasi dan regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal (X1) dengan tingkat penguasaan matematika siswa MTs (Y) dengan koefisien korelasi r sebesar 0,910, kemampuan numerik (X2) dengan tingkat penguasaan matematika siswa MTs (Y) dengan koefisien korelasi r sebesar 0,958, dan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal (X1), kemampuan numerik (X2) dengan tingkat penguasaan matematika siswa MTs (Y) dengan koefisien korelasi r sebesar 0,973. dan diperoleh persamaan regresi linier ganda Y = 0,038 + 0,233X1 + 0.898X2 Dari analisis data menunjukkan bahwa kemampuan numerik memiliki faktor paling besar terhadap tingkat penguasaan matematika siswa MTs KKM IV Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Matematika, Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:31
Last Modified: 25 Jul 2018 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item View Item