PENGGUNAAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

NAJAWATI, BAIQ AINUN (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEAL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa SDN 25 Ampenan khususnya kelas IV. Salah satu penyebabnya karena pada pembelajaran matematika guru kurang dalam menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi pelajaran, akhirnya berdampak pada proses pembelajaran matematika seperti siswa merasa bosan, kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga garis bilangan pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SDN 25 Ampenan Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 25 Ampenan dengan jumlah siswa 28 orang, 18 perempuan dan 11 laki-laki. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang diteliti memiliki tahapan-tahapan antara lain : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam peneitian ini adalah apabila hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% dan aktivitas belajar mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dan II adalah 82,1% dan 85,1% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Sementara itu, peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan II adalah 64,28% dan 96,42%. Dari hasil belajar diperoleh peningkatan nilai ketuntasan secara klasikal siklus I ke siklus II signifikan. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas IV SDN 25 Ampenan Tahun Ajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, bilangan bulat, garis bilangan, alat peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item