MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS IV SDK ST ANTONIUS AMPENAN DALAM PELAJARAN IPS MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL TAHUN 2010

KESUMA, DEWI (2010) MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS IV SDK ST ANTONIUS AMPENAN DALAM PELAJARAN IPS MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEWI KESUMA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis. Oleh karena itu guru harus mampu merancang strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa belatih berpikir kritis dan kreatif melalui berbagai simulasi dan pelibatan soial dalam menangani masalah-masalah social dalam kehidupan. Namun demikian saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS berlangsung siswa nampak kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa yaitu dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDK St Antonius Ampenan yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi pengamatan aktivitas guru dan partisipasi siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil mencapai tujuan. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas guru 13,375 dengan prosentase 55,729 % . Partisipasi siswa dengan rata-rata skor 12,375 dengan presentase 44,19 %. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan partisipasi siswa berada pada kategori kurang artinya belum melampaui indikator keberhasilan 90%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 22,625 dengan presentase 94,27 %. Partisipasi siswa meningkat menjadi 26,37 dengan presentase 94,19 % . Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan partisipasi siswa berada pada kategori baik karena sudah melampaui indicator keberhasilan 90 %. Dengan menilik partisipasi siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dan sudah melampaui indicator keberhasilan 90 % maka penelitian dihentikan sampai siklus II.Dengan demikian dinyatakan bahwa terjadi peningkatan partisipasi siswa melalui metode pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil pada pelajaran IPS kelas IV SDK St Antonius Ampenan tahun 2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diskusi kelompok kecil , meningkatkan partisipasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item