IDENTIFIKASI MINAT MEMBACA KOMIK BAGI PENGUNJUNG SISWA SEKOLAH DASAR PADA TAMAN BACAAN MARVEL GOMONG MATARAM TAHUN 2010

JULIATUN, JULIATUN (2010) IDENTIFIKASI MINAT MEMBACA KOMIK BAGI PENGUNJUNG SISWA SEKOLAH DASAR PADA TAMAN BACAAN MARVEL GOMONG MATARAM TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi minat membaca komik siswa Sekolah Dasar pada Taman Bacaan Marvel, sehingga hasilnya dapat menjadi bahan acuan untuk pembelajaran membaca di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel sumber ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu siswa-siswa SD yang datang berkunjung ke Taman Bacaan Marvel untuk menyewa komik-komik atau mengembalikan komik yang telah disewa dan karyawan-karyawati Taman Bacaan Marvel, serta kerabat / saudara / orang tua dari siswa SD sebagai member pada TB. Marvel. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah selesai dilapangan. Prosesnya dilakukan dengan Data Reduction, Data Display, dan Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat membaca komik siswa SD pada Taman Bacaan Marvel = 77,08 atau dapat dikatagorikan ”tinggi”. Hal tersebut diwujudkan dengan kesediannya untuk mendapatkan bahan bacaan komik melalui penyewaan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kesadaran akan kebutuhannya untuk membaca membuat siswa-siswa SD tersebut bahkan menyewa rata-rata sampai 32 komik selama 2 bulan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman isi bacaan = 77,05 atau dapat dikategorikan ”tinggi”. Jadi, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi minat membaca komik siswa SD, maka semakin tinggi juga kemampuannya dalam memahami isi bacaan yang ia baca. Siswa-siswa yang terbiasa membaca komik akan memperoleh manfaat yang sangat baik untuknya karena dapat dikatakan bahwa komik merupakan media representasi yang multiguna, praktis dan efisien. Hal ini dibuktikan dengan adanya data nilai rata-rata skala sikap siswa terhadap manfaat yang telah dirasakan setelah membaca komik = 85,11 atau dikatagorikan ”sangat tinggi”. Melalui membaca komik siswa akan merasa senang dan terhibur, dapat merangsangnya untuk membaca, mengembangkan daya imajinasi, menghilangkan rasa stress dan jenuh akibat aktivitas belajar yang padat di sekolah, menumbuhkan minat membaca berbagai buku bacaan, menambah wawasan dan pengetahuan, serta memahami adanya berbagai fakta kehidupan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identifikasi Minat, Membaca Komik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item