KONTRIBUSI KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA SEMESTER II KELAS VI SD NEGERI 29 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009-2010

NINGSIH, BAIQ. ERNA SOFYANTI (2010) KONTRIBUSI KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA SEMESTER II KELAS VI SD NEGERI 29 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui gambaran tingkat kompetensi guru kelas VI dalam pelaksanaan pembelajaran aktif di SDN 29 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010; mengetahui gambaran tingkat prestasi belajar PKn siswa semester II kelas VI SDN 29 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010; dan mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran aktif dengan prestasi belajar PKn siswa semester II kelas VI SDN 29 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif Jenis korelasional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 SDN 29 Mataram yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuesioner dan tes hasil belajar yang sebelumnya diuji coba terhadap 15 orang siswa. Validitas dan realibilitas ditentukan dengan menggunakan korelasi product moumet. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi produk moument, dan analisis regeresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1). Tingkat kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn sebagian besar (67.9%) berada pada kategori sedang (baik), (2) Tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebagian besar (85.7%) berada pada kategori sedang (baik), (3). Kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran aktif memberikan kontribusi sebesar 61.5% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas 6 SDN 29 Mataram pada mata pelajaran PKn. Dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn juga dapat ditentukan oleh kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Aktif, Prestasi Belajar PKn siswa kelas VI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item