MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF DENGAN METODE MENJIPLAK DI KERTAS TIPIS PADA SISWA KELAS I SDN 3 KEKAIT LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Hamdani, Hamdani (2010) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF DENGAN METODE MENJIPLAK DI KERTAS TIPIS PADA SISWA KELAS I SDN 3 KEKAIT LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap guru kelas I SDN 3 Kekait Lombok barat tahun pelajaran 2009/2010,dan Keluhan dari para orang tua tentang kemampuan menulis huruf siswa yang masih jauh dari harapan. Dengan melihat rendahnya kemampuan menulis huruf tersebut adapun salah satu upaya yang dilakukan peneliti guna meningkatkan kemampuan menulis huruf tersebut dengan metode menjiplak di kertas tipis. Dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada siswa kelas I SDN 3 Kekait Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatan kemampuan menulis huruf dengan metode menjiplak di kertas tipis pada Siswa Kelas I SDN 3 Kekait Lombok Barat tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa Kelas I SDN 3 Kekait Lombok Barat yang berjumlah 17 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisi dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I tes awal sebelum tindakan diikuti oleh 15 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 5,54 dengan prosentase ketuntasan sebesar 0% karena tidak ada siswa yang tuntas dan pada tes akhir siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 6,28 dan prosentase ketuntasan sebesar 20% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 3 orang. Pada siklus II diikuti oleh 14 orang siswa dengan nilai tes awal sebelum tindakan II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 6,46 dengan prosentase ketuntasan sebesar 21,4% dengan jumlah siswa tuntas 3 orang dan pada tes akhir siklus II ini nilai rata-rata yang diperoleh adalah 7,00 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,7% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 12 orang. Hasil ini menunjukkan bahwa tahapan penerapan metode menjiplak di kertas tipis yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifias guru. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menjiplak di kertas tipis ini dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf siswa kelas I SDN 3 Kekait Lombok Barat tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Menjiplak di Kertas Tipis, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item View Item