MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 34 MATARAM 2010/2011

FITRIYANI, FITRIYANI (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 34 MATARAM 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan PTK Fitriyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukkan oleh peneliti pada tanggal: 7- 8 Oktober terhadap guru dan siswa kelas I SDN 34 Mataram dengan sistim observasi dan tes awal hanya 31,57 % yang dinilai sudah terampil membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat dalam situasi normal di kelas. Sementara itu sebanyak 68,42% dinilai masih belum trampil. Dikatakan bahwa, membaca merupakan hal yang sulit karena membaca memerlukan penguasaan beberapa keterampilan. Masalah Penelitian ini adalah bagaiamanakah meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu huruf dan gambar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 34 Mataram. Pemecahan masalah yang ditawarkan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah melaksanakan peningkatan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media kartu huruf dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media kartu huruf dan gambar. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakkan Kelas yang lazim disebut Class Room Action Research. Pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengolah data dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berupa data aktivitas, sedangkan kuantitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar berupa hasil siklus I nilai yang diperoleh rata-rata 63,43 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,52% . Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 73,86 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,47%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal kemampuan membaca siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Kartu Huruf dan Gambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN 34 Mataram meningkat. Diharapkan kepada siswa, guru dan kepala sekolah menjadikan hasil penelitian ini sebagai cerminan, supervisi, kemitraan jalinan kolaborasi dengan pihak lain dalam mencari media pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca, media, kartu huruf, kartu gambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item