PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARIYANTI, HARIYANTI (2010) PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ACC PROPOSAL SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Ampenan tahun pelajaran 2009/2010. hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru lebih dominan menerapkan metode ekspositori yang berarti guru lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai penerima materi saja sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang menarik yang akhirnya mengakibatkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar dan berdampak pada rendahnya nilai belajar siswa. Latar belakang pemilihan judul dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas V SDN 11 Ampenan tahun pelajaran 2009/ 2010 terutama pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meninngkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 11 Ampenan tahun pelajaran 2009/ 2010 pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiga kali evaluasi dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari rata-rata kelas dan ketuntasan secara klasikal. Evaluasi pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 40% dengan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 9,5 yang tergolong dalam kategori aktif. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 46,66% dengan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 10,98 yang tergolong dalam kategori aktif. Sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar mencapai 79,3% dengan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 13 dengan kategori sangat aktif. Adapun rata-rata kelas siklus I yaitu 51,33 sedangkan pada siklus II 58,5 pada siklus III diperoleh rata-rata kelas 75,5 Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengajaran pecahan dengan menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Ampenan tahun pelajaran 2009/ 2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan PAKEM, Prestasi Belajar, Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item