PENERAPAN KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG (PERKALIAN BILANGAN BULAT) KELAS V SDN I MAMBALAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Fitrianingsih, Wahyu (2010) PENERAPAN KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG (PERKALIAN BILANGAN BULAT) KELAS V SDN I MAMBALAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Qyu 2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Karakteristik siswa kelas V di SDN 1 MAMBALAN yang pasif, dan cepat bosan dalam belajar mengakibatkan komunikasi dalam proses belajar mengajar berlangsung tidak efektif tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga siswa kurang termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses mendapatkan suatu konsep atau prinsip dari materi yang dipelajarinya. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 MAMBALAN melalui domino tersebut dengan jumlah siswa yang diteliti adalah berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data penelitian meliputi data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan rata-rata skor prestasi belajar siswa minimal 65 dan presentasi ketuntasan belajar siswa minimal 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III adalah 6,74, 8,26 dan 9 dengan kriteria cukup aktif, aktif dan aktif. Rata-rata skor prestasi belajar siswa pada siklus I, II, III adalah 62,11, 73,68 dan 80. sedangkan presentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus I, II, III yaitu 47,37%, 68,42% dan 89,47%. Hal ini berarti bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Dengan demikian berarti, bahwa penerapan kartu domino matematika dapat menigkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung perkalian bilangan bulat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kartu Domino
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item