Handayani, Endang P. (2010) PENERAPAN KIT ENERGI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TRANSFER ENERGI PANAS DI KELAS IV SD NEGERI 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
hajud skripsi-1.doc Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan transfer energi panas siswa kelas IV di SD Negeri 6 Mataram dengan menerapkan Kit energi pada pembelajaran di kelas. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan tindakan dalam 3 siklus, pada setiap siklus terdapat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian mendapatkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal pada siklus pertama adalah 84,2 dan 80%, siklus kedua adalah 82,88 dan 82 % serta siklus ketiga 84,33 dan 89 %, Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan transfer energi panas, dilihat dari kriteria 85% siswa mendapat nilai ≥ 75. Hasil ini tercapai setelah dilakukan tindakan dengan menerapan Kit energi pada pembelajaran IPA di kelas dengan tahapan pembelajaran motivasi, permasalahan, penerapan Kit energi, kesimpulan dan aplikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kit energi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, Transfer energi panas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 06:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 06:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6802 |
Actions (login required)
View Item |