PENERAPAN KIT ENERGI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TRANSFER ENERGI PANAS DI KELAS IV SD NEGERI 6 MATARAM

Handayani, Endang P. (2010) PENERAPAN KIT ENERGI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TRANSFER ENERGI PANAS DI KELAS IV SD NEGERI 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
hajud skripsi-1.doc
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan transfer energi panas siswa kelas IV di SD Negeri 6 Mataram dengan menerapkan Kit energi pada pembelajaran di kelas. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan tindakan dalam 3 siklus, pada setiap siklus terdapat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian mendapatkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal pada siklus pertama adalah 84,2 dan 80%, siklus kedua adalah 82,88 dan 82 % serta siklus ketiga 84,33 dan 89 %, Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan transfer energi panas, dilihat dari kriteria 85% siswa mendapat nilai ≥ 75. Hasil ini tercapai setelah dilakukan tindakan dengan menerapan Kit energi pada pembelajaran IPA di kelas dengan tahapan pembelajaran motivasi, permasalahan, penerapan Kit energi, kesimpulan dan aplikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kit energi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, Transfer energi panas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:33
Last Modified: 25 Jul 2018 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item View Item