PENERAPAN METODE DISCOVERY-INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V DI SDN 1 JEMBATAN KEMBAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HADINATA, LALU WARIGE (2010) PENERAPAN METODE DISCOVERY-INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V DI SDN 1 JEMBATAN KEMBAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.rtf..rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada mata pelajaran IPA kelas V, pokok bahasan pesawat sederhana di SDN 1 Jembatan Kembar hasil belajar siswanya masih rendah. Jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya 14% dari total siswa, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan antusias belajar siswa sehingga menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah metode Discovery-Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Jembatan Kembar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry Learning pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana kelas V di SDN 1 Jembatan Kembar. Metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan pesawat sederhana di SDN 1 Jembatan Kembar adalah metode Discovery-Inquiry Learning. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di SDN 1 Jembatan Kembar. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus, siklus I jumlah siswa tuntas 29%, siklus II jumlah siswa tuntas 50% dan pada siklus III jumlah siswa tuntas 86%. Karena dalam siklus III jumlah siswa yang tuntas telah melebihi targer keberhasilan kelas yaitu 75% maka penelitian ini dikatakan telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka perlu kiranya penerapan penggunaan metode Discovery-Inquiry Learning dalam proses pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada umumnya dan pada pokok bahasan pesawat sederhana pada khususnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode discovery-inquiry learning, hasil belajar siswa, pesawat sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:55
Last Modified: 26 Jul 2018 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item