PENERAPAN METODE EXPERIMEN UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011.

MULIAHENI, NI NYOMAN (2010) PENERAPAN METODE EXPERIMEN UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KEMENTERIAN1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nilai hasil ulangan tahun pelajaran 2008/ 2009 dan 2009/ 2010 di kelas IV SDN 21 Cakranegara diketahui bahwa prestasi siswa di bawah KKM, 6,5. Ini disebabkan karena guru selalu menggunakan metode ceramah dan pembelajran cenderung menggunakan hafalan sehingga kurang melibatkan aktivitas siswa melakukan kerja ilmiah. Maka salah satu cara untuk meningkatakan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode experimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasa yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan melalui 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara tahun ajaran 2010/2011. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila prestasi belajar meningkat secara individu 6,5 dan secara klasikal 85%. Berdarkan hasil observasi siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,88 dikategorikan kurang. Siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,60 dikategorikan cukup. Dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 8,16 dikategorikan sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode experimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SDN 21 Cakranegara Tahun pelajaran 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Eksperimen Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:43
Last Modified: 26 Jul 2018 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item