IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUNDI GUGUS V TK/PAUD KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ADAWIYAH, RABIATUN (2016) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUNDI GUGUS V TK/PAUD KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP RERE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak merupakan suatu proses kemampuan belajar dan bertingkah laku dalam berinteraksi dengan orang lain dengan mengikuti aturan atau norma –norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah indikator apa yang belum berkembang, indikator apa yang sudah berkembang, dan indikator apa yang dominan berkembang dari perkembangan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator yang belum berkembang, sudah berkembang, dan indikator yang dominan berkembang dari perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di gugus V Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasinya adalah seluruh anak yang berusia 5-6 tahun di Gugus V Kecamatan Ampenan berjumlah 114 anak. Sempel yang digunakan yaitu Nonprobality Sampling yang meliputi teknik sampling sistematis maka sampel yang diperoleh adalah 57 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi. Tehnik analisis data adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indikator perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK/PAUD di gugus V Kecamatan Ampenan Tahun pelajaran 2014-2015. Indikator yang belum berkembang terdapat pada indikator Bersikap kooferatif dengan teman dan menunjukan rasa empati mencapai 64,9 %, indikator yang sudah berkembang terdapat pada indikator Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat, memahami peraturan dan disiplin, dan mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada mencapai 73% yaitu katagori baik, Indikator yang dominan berkembang terdapat pada indikator memiliki sikap gigih tidak mudah marah,menyerah,ulet,atau tekun mempunyai kemandirian mencapai 85,26%. Karena guru selalu memberikan kegiatan yang lebih menantang untuk anak sehingga anak menjadi lebih kreatif dalam setiap kegiatan bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembnangan Sosial Emosional
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:43
Last Modified: 26 Jul 2018 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item