PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TONGKAT BERGULIR ( TALKING STICK ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

Harahap, Efendi (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TONGKAT BERGULIR ( TALKING STICK ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
awal revisi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Pola pembelajaran di SDN 16 Mataram lebih didominasi oleh guru, metode pembelajaran pada umumnya merupakan metode ceramah. Masalah tersebut berdampak pada lemahnya penguasaan konsep siswa yaitu mencapai rata-rata 56,18 dan belum mencapai KKM 65. Rendahnya aktivitas belajar dan penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN 16 Mataram perlu upaya untuk menanggulanginya melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Telah dilaksanakan PTK yang menerapkan metode pembelajaran tongkat bergulir (talking stick) dengan 2 siklus pada tanggal 17 Februari sampai 27 Maret tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran tongkat bergulir (talking stick) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep IPA Siswa Kelas V SDN 16 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010. Dalam penerapannya metode tongkat bergulir memadukan antara permainan dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar adalah lembar observasi dengan indikator ketercapaian >75%, dan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan konsep siswa digunakan tes hasil belajar yang berbentuk objektif dengan indikator ketercapaian yaitu: Ketuntasan belajar(KB ≥85%) dan daya serap (DS ≥65%). Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan mencapai 58,82% dari 17 siswa yang menjawab pertanyaan, dan dari tes hasil belajar siswa ketuntasan belajar mencapai 61% dan daya serap mencapai 63,18 % dari jumlah siswa yang megikuti tes. Pada siklus II aktivitas siswa dalam mejawab pertanyaan mencapai 84% dari 25 siswa yang menjawab pertanyaan, Sedangkan tes hasil belajar siswa yaitu ketuntasan belajar mencapai 88,6% dan daya serap mencapai 73,75% dari jumlah siswa yang mengikutu tes. Dari perbandingan tersebut aktivitas belajar dan penguasaan konsep IPA siwa pada siklus II meningkat dari siklus I, berarti penerapan metode tongkat bergulir (talking stick) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa kelas V SDN 16 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tongkat bergulir, aktivitas, dan penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:56
Last Modified: 29 Jul 2018 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item