PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (BERPIKIR-BERBAGI-BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 04 PERIAN LOMBOK TIMUR 2009/2010

Irma, Irma (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (BERPIKIR-BERBAGI-BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 04 PERIAN LOMBOK TIMUR 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatan prestasi dan aktivitas belajar sains pada siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (berpikir-berpasangan berbagi) di kelas IV SDN 4 Perian. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think-Pair-Share dilakukan melalui tiga tahap yakni Think (berpikir), Pair (berpasangan) dan Share (berbagi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Perian Lombok Timur tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 26 orang, obyek penelitiannya adalah prestasi dan aktivitas belajar siswa. Data prestasi belajar diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus dan data aktivitas belajar diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 64,42 dengan ketuntasan klasikal 73,07% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 16,4 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II data prestasi dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 72.5 dengan ketuntasan klasikal 88.46% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 19,64 dengan kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh (t ) 6,024 dan (t ) diperoleh 2,060. Dari data tersebut berarti (t ) > (t ). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 4 Perian Lombok Timur tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, Think-Pair-Share, Prestasi Belajar,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:55
Last Modified: 29 Jul 2018 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item