PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 BANYU URIP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURHIDAYATULLAH, NURHIDAYATULLAH (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 BANYU URIP TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran didominasi oleh siswa yang pandai saja. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif mengikutinya maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk menemukan konsep melalui kelompok penyelidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Banyu Urip dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 3 siklus terjadi peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas adalah 9,98 dengan kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas siswa berturut-turut adalah 11,31 dan 12,98 dengan kategori aktif. Selain itu, rata-rata nilai berturut-turut dalam 3 siklus adalah 71,04; 78,69; dan 79,37. Rata-rata nilai siswa pada siklus III sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa aktif menemukan sendiri konsep-konsep yang ada dalam LKS sehingga materi yang dipelajari akan lama diingat. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Group investigation, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:54
Last Modified: 29 Jul 2018 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item