NURSIAH, NURSIAH (2010) Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Batu Mekar Tahun 2009/2010. Dosen pembimbing I : Dr. Harry Soeprianto, M.Si. Dosen pembimbing II : Drs. Moh. Yusuf, M.Sc.Ed. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
10. BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar tahun 2009/2010. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh dalam penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar tahun 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar yang berjumlah 10 orang, sedangkan data penelitian meliputi: aktivitas isswa dan prestasi hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data : (1) observasi, (2) tes hasil belajar kemudian data dianalisis dengan teknik kuantitif deskriptif. Penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dilaksanakan melalui tahap-tahap : 1) pendahuluan, 2) penciptaan dan pengembangan model simbolis, 3) penjelasan dan alasan, 4) penutup atau penerapan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, II, dan III adalah 2,005; 3,06 dan 3,49 dengan kategori kurang aktif, aktif, dan sangat aktif. Sementara itu, rata-rata nilai hasil evaluasi pada siklus I, II, dan III adalah 38,0; 61,2; 82,6. Dari hasil evaluasi diperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II signifikan dan siklus II ke siklus III juga signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SDN 6 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2009/2010. Bagi mahasiswa atau pihak-pihak yang ingin meneliti lebih lanjut tentang model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) disarankan untuk mencoba pada materi lain dengan menjadikan kekurangan-kekurangan yang terjadi pada penelitian ini sebagai bahan perbaikan agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Prestasi belajar, Realistic Mathematic Education (RME) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2018 23:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2018 23:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6896 |
Actions (login required)
View Item |