PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE/ TEKNIK PENGUNGKAPAN NILAI) PERCONTOHAN UNTUK MENIGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN15 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

JUMENAH, JUMENAH (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE/ TEKNIK PENGUNGKAPAN NILAI) PERCONTOHAN UNTUK MENIGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN15 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang pemilihan judul dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Ampenan tahun ajaran 2010/2011 terutama pada pada pelajaran Pkn. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru kurang mengembangkan model dan metode pembelajaran selama dalam proses pembelajaran, guru hanya banyak mengunakan metode ceramah. Sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran VCT percontohan dalam meningkatkan prestasi belajara Pkn kelas V SDN 15 Ampenan 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahwi apakah penerapan model pembelajaran VCT percontohan dapat meningkatkan prestasi belajar Pkn siswa kelas V SDN 15 Ampenan tahun ajaran2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes yang berupa tes objektif dan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus menunjukan terjadi peningkatan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran VCT percontohan dari siklus I, II, III, yaitu pada siklus I nilai rata-rata sekor aktifitas guru mencapai 3,5 dengan katagori cukup baik, siklus II 3,8 dengan katagori baik, siklus III 3,95 dengan katagori baik. Sedangkan rata-rata aktifitas siswa pada siklus I, II, dan III adalah 2,80, 3,65 dan 3,75 dengan katagori ketercapaian cukup baik, baik, dan baik. Peningkatan aktifitas ini juga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata prestsi belajar siswa mencapai 68,8 dengan prosentse ketuntasn kasikal mencapai 56%. siklus II nilai rata-rata 76 dengan prosentse ketuntasn kasikal mencapai 81% dan pada siklus III nilai rata-rata 81,3 dengan prosentse ketuntasn kasikal mencapai 88% . Sehingga disimpulkan penerapan model pembelajaran VCT percontohan dapat meningkatan aktivitas dan prestasi belajar Pkn siswa kelas V SDN 15 Ampenan tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): VCT percontohan, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:53
Last Modified: 29 Jul 2018 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item