PENEREPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 22 PRAYA TAHUN AJARAN 2009/2010

JAUZIATI, BAIQ (2010) PENEREPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 22 PRAYA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I JADI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SDN 22 Praya, diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SDN 22 Praya adalah guru tidak melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran Matematika menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya aktivitas siswa dalam pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan mengaitkan materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 22 Praya pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) model discovery. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan pertemuan ke-4 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 22 Praya yang berjumlah 45 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa adalah 10,59 dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 14,99 dan 16,94 dengan kategori sangat aktif. Selain itu nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 66,62; 74,33; 83,29 dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 71 %, 84%, 95%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) model Discovery, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item