Penerapan Strategi Mastery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Fisika Pada Pokok Bahasan Gaya Di Kelas VIII SMPN 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2010/2011

ERFAN, ZAENURI (2010) Penerapan Strategi Mastery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Fisika Pada Pokok Bahasan Gaya Di Kelas VIII SMPN 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa dengan menerapkan strategi mastery learning pada pokok bahasan gaya di kelas VIII A SMPN 1 Kuripan tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Kuripan tahun pelajaran 2010/2011, sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar kognitif fisika siswa yang diperoleh dari hasil evaluasi pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan PTK ini dapat dilihat dari ketercapaian ketuntasan klasikal minimal 85% siswa mendapat nilai minimal 70 dengan skor aktivitas siswa dalam kategori aktif. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 70% dan skor aktivitas rata-rata siswa 22,17 dengan kategori aktif. Siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 91% dan aktivitas rata-rata siswa 28,85 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian pada siklus ke-II, indikator keberhasilan telah terpenuhi sehingga siklus dapat dihentikan. Temuan yang diperoleh pada siklus I yang kemudian diperbaiki pada siklus II yakni kurangnya persiapan siswa dan guru belum mampu mengalokasikan waktu secara tepat sehingga beberapa sintaks pembelajaran tidak terlaksana secara optimal. Berdasarkan masalah yang muncul pada siklus I, maka pada siklus II peneliti menambah jam pelajaran untuk pelaksanaan remidial dan pengayaan serta menjelaskan sintaks pembelajaran sebelum proses belajar mengajar dimulai. Sehingga dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa kelas VIII A pada SMPN 1 Kuripan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi mastery learning, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2018 23:52
Last Modified: 29 Jul 2018 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item