PENGGUNAAN ILUSTRASI GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS V SDN 34 CAKRANEGARA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010

NURHASBIALLAH, NURHASBIALLAH (2010) PENGGUNAAN ILUSTRASI GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS V SDN 34 CAKRANEGARA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
refisi skripsi B2.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis pada tanggal 11 dan 12 November terhadap guru dan siswa kelas V SD Negeri 34 Cakranegara dengan sistem observasi dan wawancara hanya 20% yang dinilai sudah terampil menulis cerpen dalam situasi formal di kelas sedangkan 80% dinilai masih belum terampil. Berdasarkan masalah tersebut, salah satu pemecahan masalah yang ditawarkan oleh penulis untuk diteliti adalah penggunaan ilustrasi gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas v SDN 34 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan mengilustrasikan gambar barseri pada siswa kelas V SDN 34 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua pendekatan. Adapun pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengolah data dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berupa data aktivitas, sedangkan kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar berupa hasil evaluasi. Dari hasil evaluasi siswa siklus I persentse ketuntasan sebesar 44,44% ketuntasan ini belum berhasil jika dilihat dari standar ketuntasan minimal yakni 75% siswa mendapat nilai minimal lebih dari sama dengan 65 sehingga diperlukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,28% persentase ini sudah menunjukan keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan keterampilan penulisan cerpen dari siklus I ke siklus II sebesar 44,48%, ini menandakan bahwa penggunaan ilustrasi gambar berseri dalam penulisan cerpen dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 34 Cakranegara semester II tahun ajaran 2009-2010 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,28%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ilustrasi gambar berseri, meningkatkan kemampuan menulis cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:25
Last Modified: 31 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item