PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III DI SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MAHENDRI, NI NENGAH ARTINI (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III DI SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di SDN 7 Cakranegara. Tujuan yang diperoleh dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di SDN 7 Cakranegara tahun pelajaran 2010-2011. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan membandingkan tingkat keberhasilan antar siklus. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus sebelumnya dan minimal rata-rata untuk siklus terakhir adalah kriteria ketuntasan minimal 65 secara individual sedangkan secara klasikal dengan ketuntasan 80% dan indikator keberhasilan dengan kriteria berhasil 66-79, sedangkan aktivitas dan kreativitas siswa dan guru minimal berkatagori aktif dan mengalami peningkatan skor rata-rata 85% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 64,75 dengan 26 orang siswa (65%) tuntas dan 14 orang siswa (35%) tidak tuntas belajar dari 40 orang siswa. Sedangkan siklus II nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 73,25 dengan 30 orang siswa tuntas (75%) tuntas dan 10 orang tidak tuntas (25%) dari 40 orang siswa. Dan siklus III nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 85 dengan 38 orang siswa (95%) tuntas dan 2 orang siswa (5%) tidak tuntas dari 40 orang siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar sebagai alat bantu pelajaran, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SDN 7 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Gambar, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:24
Last Modified: 31 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item