PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DENGAN MATERI AJAR MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER II KELAS V SDN 24 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010

ETIKAWATI, ETIKAWATI (2010) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DENGAN MATERI AJAR MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER II KELAS V SDN 24 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I. etyk.doc
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa dalam penggunaan media visual (gambar) dengan materi ajar menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia semester II kelas V SDN 24 Cakranegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), obyek yang diteliti pada penelitian ini adalah kelas V. Sedangkan variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel harapan. Variabel tindakan yang diamati dalam penelitian ini yaitu penggunaan media visual (gambar) dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi. Sedangkan variabel harapan adalab adanya peningkatan keaktifan dan ketuntasan oleh siswa kelas V semester II SDN 24 Cakranegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa semula sebanyak 11 orang siswa yang belum tuntas belajar pada sikius I. Pada siklus II sebanyak 1 orang siswa yang belum tuntas sedangkan pada siklus III semua siswa terkategorikan tuntas. Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebanyak 69,39 meningkat pada siklus II sebanyak 75,60 sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 78,38. Ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh 66,67% naik menjadi 96,97% pada siklus II sedangkan pada siklus III juga mengalami peningkatan 100%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan minat terhadap pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Sedangkan untuk menguji efektivitas peningkatan belajar dengan menggunakan uji t bahwa t hitung > t tabel yaitu Perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan media visual pada materi ajar menulis puisi adalah signifikan pada tarap 1% dimana nilai t lebih besar dari t yaitu t 22,56 dan t 2,750. signifikan pada tarap 5% dimana nilai t lebih besar dari t yaitu t 22,56 dan t 2,042. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa keaktifan ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan media visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester II SDN 24 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media visual, keaktifan dan ketuntasan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:24
Last Modified: 31 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item