PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEHNIK KELILING KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 5 GENGGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

’ Aini, Qurrata (2010) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEHNIK KELILING KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 5 GENGGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NEW_SKRIP.doc
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 Genggelang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tehnik keliling kelas untuk meningkatkan prestasi belajar IPS kelas IV SD Negeri 5 Genggelang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Genggelang Kecamatan Gangga sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan tehnik observasi melalui lembar observasi setiap siklus. Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tehnik keliling kelas mampu meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman kenampakan alam dan gejala-gejala alam di SD Negeri 5 Genggelang. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1). Tingkat aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS sebagian besar (78,57%) berada pada kategori sedang (baik), (2) Tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran (87,5%) berada pada kategori aktif, (3) Tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebagian besar (85,71%) berada pada kategori baik (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS juga dapat ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tehnik keliling kelas dan prestasi belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:23
Last Modified: 31 Jul 2018 06:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7070

Actions (login required)

View Item View Item