Peningkatan Kemampuan Berbicara Dalam pembelajaran Drama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 2 dasan Geria Tahun Ajaran 2009/2010. Pembimbing I Drs. Yusman Mansyur, M. Pd. Pembimbing II Drs. H. Moh. Rofi’i Rifai .

HARIATI, NURUL (2010) Peningkatan Kemampuan Berbicara Dalam pembelajaran Drama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 2 dasan Geria Tahun Ajaran 2009/2010. Pembimbing I Drs. Yusman Mansyur, M. Pd. Pembimbing II Drs. H. Moh. Rofi’i Rifai . S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana maasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran drama untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 2 Dasan Geria tahun ajaran 2009/2010. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh dalam penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran drama untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara, kreatifitas berpikir dan bernalar serta menghilangkan kejenuhan dan kebosanan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan manfaat untuk guru adalah meningkatkan dan mengembangkan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran drama. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dasan geria yang berjumlah 25 orang, sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dekomentasi analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode bermain peran dilaksanakan melalui langkah-langkah: 1) persiapan (pembagian kelompok dan naskah drama, pengaturan tempat dan latihan), 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi. Adapun indikator penilaian yang digunakan pada kegiatan bermain peran ini adalah vokal, intonasi, ekspresi wajah, gerture, dan kerjasma. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa pada siklus 1 skor kegiatan siswa dalam bermain peran rata-rata sebesar 67 berada pada kriteria baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 72 %. Siklus 2 hasil observasi kegiatan siswa dalam bermain peran rata-rata sebesar 81 berada pada kriteria sangat baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 100 %. Melihat hasil tersebut terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II ini merupakan dampak dari kegiatan bermain peran yang menitikberatkan perilaku yang demokratis dan kerjasama yang baik dengan kelompok masing-masing. Dengan demikian metode bermain peran bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa. Ini berarti metode bermain peran dalam pembelajaran drama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Dasan Geria.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:21
Last Modified: 31 Jul 2018 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item