Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi KWL (Know-Want to Know–Learned) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Semester II Kelas VA SDN Pemepek Tahun Pelajaran 2009/2010

M, Ni Kadek Dya Parmini (2010) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi KWL (Know-Want to Know–Learned) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Semester II Kelas VA SDN Pemepek Tahun Pelajaran 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK AJA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi KWL ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VA semester II dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca intensif sebelum dan sesudah penggunaan strategi KWL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VA semester II SDN Pemepek tahun pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VA SDN Pemepek dengan menggunakan strategi KWL dan apakah terjadi perbedaan penggunaan strategi KWL (Know–Want to Know–Learned) sebelum dan sesudah pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas VA semester 2 SDN Pemepek tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, tiap siklus terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan analisa data menggunakan uji t – Test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan yang diperoleh dari siklus I dan siklus II adalah masing–masing sebesar 53,33% dan 86,66% dengan nilai rata–rata yaitu masing–masing sebesar 65,5 dan 83,83. Karena nilai t hasil penelitian = 12,69 dan nilai t tabel dengan db ± 29 dan taraf signifikansi 5% = + 2,045 ini berarti nilai t hasil penelitian signifikan. Maka perbedaan yang meyakinkan kemampuan membaca intensif siswa sebelum diterapkan dengan menggunakan strategi KWL atau dengan kata lain ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca intensif siswa dengan menggunakan strategi KWL pada siswa kelas VA semester II di SDN Pemepek tahun pelajaran 2009/2010. Dengan demikian diharapkan bagi guru agar dapat menggunakan strategi KWL dalam mengajar Bahasa Indonesia sebagai alternative pembelajarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca Intensif, Strategi KWL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item