PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MENULIS EJAAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN. 25 CAKRANEGARA TAHUN 2009/2010.

I S M A I L, I S M A I L (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MENULIS EJAAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN. 25 CAKRANEGARA TAHUN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan judul ”Peningkatan Kemamampuan Mengembangkan Menulis Ejaan melalui Strategi Pembelajaran Consept Sentense pada Siswa Kelas VI SDN 25 Cakranegara Tahun 2010”. Pemilihan judul penelitian dengan latarbelakang kemampuan siswa dalam menulis ejaan bahasa Indonesia masih rendah. Kemampuan siswa hanya 22% yang mampu menulis dengan baik atau sebanyak 5 orang siswa, sedang 78% yang belum mampu menulis ejaan dengan benar sebanya 18 oarang siswa. Mengatasi permasalahan tersebut, menggunakan strategi pembelajaran Consept Sentense. Pembelajaran Consept Sentence menggunakan media bacaan yang diberikan kepada siswa untuk dibaca dengan cermat dan teliti. Melalui bacaan tersebut setiap kelompok mencari dan menemukan pokok pikiran setiap paragraf menggunakan kata kunci. Setiap kata kunci dikembangkan menjadi kalimat sesuai dengan isi bacaan menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan atau disebut EYD. Alat penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis ejaan dalam penelitian ini dilakukan dengan penilaian melalui penilaian aktifitas guru, penilaian aktifitas siswa, dan penilaian hasil belajar siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tekhnik kualitatif. Tekhnik penilaian kualitatif menggambarkan tentang hasil belajar siswa secara individu dan secara klaksikal. Dengan kreteria ketuntasan siswa secara individu mencapai ≥65% dan ketuntasan klaksikal ≥85% dari seluruh siswa. Hasil penelitian kemampuan menulis ejaan melalui strategi pembelajaran consept sentense pada siswa kelas VI SDN 25 Cakranegara Tahun 2010. Ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 74%, sebanyak 17 orang siswa. Sedangkan siswayang belum berhasil sebesar 26% sebanyak 6 orang siswa. Pada siklus II tingkat keberhasilan siswa mencapai 96% sebanyak 22 orang, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebesar 4% sebanyak 1 orang siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Consept Sentence, menulis ejaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7078

Actions (login required)

View Item View Item