PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVSDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010

Muliyani, Tri (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVSDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I- DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar siswa yang masih rendah, siswa hanya bersifat pasif dan hanya menunggu apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga spontanitas siswa untuk berbicara tertekan dan ide-idenya akhirnya hilang sebelum di ungkapkan, gurulah yang mendominasi iklim pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pendekatan konstrutivistik. Pendekatan konstrutivistik yaitu siswa dapat membangun sendiri pemahamannya terhadap fenomena yang ditemukan dari pengalamannya sehingga mengajar tersebut bukan memindahkan pengetahuan, melainkan kegiatan yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuannya. Pendekatan ini sangat cocok pada pembelajaran IPS karena IPS adalah ilmu yang berfungsi mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan intelektual. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Sandik yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan data hasil belajar sedangkan pendekatan deskriptif kualitatif diguakan untuk menentukan data hasil observasi berupa lembar observasi perilaku mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian terlihat bahwa pada siklus I nilai rata–rata 66,86 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68,96 dan rata–rata skor aktivitas belajar siswa 50%. Sedangkan perilaku mengajar guru dengan skor 60%. Pada siklus II dengan nilai rata–rata yaitu 72,96 dengan serta dengan rata–rata skor aktivitas belajar siswa 90% serta perilaku mengajar guru dengan pendekatan konstrutivistik sudah terlaksana sepenuhnya dengan baik. Prosentase ketuntasan klasikal sebesar 85,18%, Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Konstrutivistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 5 Sandik. Melihat hasil tersebut diharapkan agar guru dapat menggunakan pendekatan konstrutivistik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Pendekatan Konstrutivistik, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item View Item