PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 27 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

Y U L I A N I, Y U L I A N I (2010) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 27 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIANI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan tentang pembelajaran Sains di kelas tinggi khususnya di kelas IV. Diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan dan terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif. Anggapan bahwa Sains pelajaran yang sulit merupakan salah satu penyebab dari rendahnya proses dan hasil belajar siswa. Maka untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa, dilakukan kegiatan dengan menerapkan metode pembelajaran Kerja Kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Sains dengan menggunakan metode Kerja Kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 27 Ampenan dengan jumlah siswa 44 siswa terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari eveluasi hasil belajar dan hasil kerja kelompok dengan LKS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di tiap siklusnya, sekurang-kurangnya siswa mendapat nilai ≥ 65 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 67,27 dengan persentase ketuntasan klasikal 68,18% dan rata-rata aktivitas siswa 9,33 dengan persentase 51,83%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 78,98 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,36% dan rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 13,51 dengan persentase 75,05%. Oleh karena itu, standar ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan yaitu 85% sudah tercapai. Berdasarkan analisa hasil penelitian tersebut penggunaan metode Kerja Kelompok ternyata mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sains, Proses/aktivitas belajar, Hasil belajar, Metode Kerja Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:20
Last Modified: 31 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7088

Actions (login required)

View Item View Item