UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS III SDN 1 PENGADANG MELALUI PENERAPAN METODE BELAJAR BERPASANGAN (MAKE A-MATCH) TAHUN AJARAN 2009/2010

NURLAILI, NURLAILI (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS III SDN 1 PENGADANG MELALUI PENERAPAN METODE BELAJAR BERPASANGAN (MAKE A-MATCH) TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,II,IV,V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajran Sains di kelas III SDN 1 Pengadang selama ini masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang memiliki kesempatan mengembangkan konsep-konsep Sains yang ada. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi dan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengatasi masalah tersebut yaitu meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas III SDN 1 Pengadang tahun pelajaran 2009/ 2010 dengan menerapkan metode belajar berpasangan (make a-match) dikelas III SDN 1Pengadang. pada penerapan metode make a-match guru menggunakan media kartu pertanyaan dan kartu soal yang dibagikan kepada masing-masing siswa, sehingga siswa memperoleh masing-masing satu kartu pertanyaan/jawaban yang menempatkan guru sebagai fasilitator untuk membantu siswa mengkonstruksi suatu konsep melalui serangkaian pertanyaan atau LKS. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa mencapai KKM yaitu 65 dan skor aktivitas siswa minimal berkategori aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan skor siklus I pertamuan I dan II adalah 31 dan 35 dengan kategori cukup aktif dan meningkat pada siklus II pertemuan I dan II dengan skor 42 dan 44 dengan kategori aktif. Nilai rata-rata kelas siswa siklus I dan II juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 64,1 menjadi 71,9. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a-match dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa dikelas III SDN 1 Pengadang tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, Belajar, Metode, Belajar Berpasangan (make a- match)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:03
Last Modified: 31 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item