UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERARTIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 1 KEKERI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2009 / 2010

KARIANA, IDA BAGUS GEDE (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERARTIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 1 KEKERI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REVISI UJIAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 1 Kekeri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2009/2010. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV melalui model pembelajaran koopratif tipe jigsaw di SDN 1 Kekeri. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV melalui Penggunaan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw di SDN 1 Kekeri Lombok Barat. Manfaat penelitian tersebut salah satunya adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi masukan tentang cara belajar dengan model pembelajaran yang baru dengan memanfaatkan teman satu kelompok sehingga siswa dapat saling bertukar pikiran antara sesama anggota kelompok, saling mendengarkan, saling menghargai pendapat orang lain, serta yang terpenting dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Presatasi adalah adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berpikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sebaliknya dikatakan prestasi kurang memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Prestasi bisa juga disebut kecakapan aktual (actual ability) yang diperoleh seseorang setelah belajar, sautu kecapakan potensial (potensial ability) yaitu kemampuan dasar yang berupa disposisi yang dimiliki oleh individu untuk mencapai prestasi. Kecakapan aktual dan kecakapan potensial ini dapat dimasukkan ke dalam suatu istilah yang lebih umum yaitu kemampuan (ability). Maka disinilah pembelajaran koopratif jigsaw digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kekeri Lombok Barat. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran PKn untuk siklus I adalah 5,01 sedangkan pada siklus II rata-rata siswa adalah 7,1. Apabila dihitung dengan Presentase ketuntasan kalasikal, pada siklus I hanya mencapai 48,1% sedangkan pada siklus II naik menjadi 90,3%. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila 75% siswa telah tuntas dalam belajar. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 42,5 sedangkan pada siklus II adalah 59,5, Begitu juga untuk prosentase aktivitas guru dalam mengajar untuk siklus I adalah 63,3% dan pada siklus II adalah 90%. Jadi dapat disimpulkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penggunaan model koopratif tipe jigsaw berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Kekeri Lombok Bara

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, Model, Koopratif, Jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:03
Last Modified: 31 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item