UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN METODE PETA KONSEP PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 DI SDN 34 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ZULKARNAEN, ZULKARNAEN (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN METODE PETA KONSEP PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 DI SDN 34 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK ptk zoel.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN 34 Ampenan, selama ini kurang menggembirakan. Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang timbul dari guru maupun murid. Hal ini diperoleh dari hasil penelitian, pengamatan dan wawancara dengan guru kelas V dan siswa kelas V SDN 34 Ampenan dalam pembelajaran menulis puisi. Seperti siswa tidak diberi kesempatan untuk menulis puisi dengan bahasa atau kata-katanya sendiri dan kemampuannya sendiri. Pastinya pembelajaran tersebut sangat kurang tepat dan terkesan tidak adanya aktivitas dan kreatifitas siswa dalam menulis puisi. Diperkuat dengan hasil test awal yang menunjukkan nilai rata rata siswa dalam menulis puisi ( 48,2) serta persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 26% masih jauh dari standar ketuntasan minimal 75%. Berdasarkan hal tersebut, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, penerapan metode peta konsep merupakan alternatif untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di sekolah. Setelah dilakukan penelitian dengan penerapan metode peta konsep pada pembelajaran menulis puisi di SDN 34 Ampenan dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar siswa meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata rata (62) dan pada siklus 2 (81) sedangkan untuk persentase ketuntasan belajara siswa siklus 1 (58%) dan disiklus 2 (95%) sehingga disimpulkan terdapat peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2 sebanyak (10,9% pada nilai rata rata dan 35% pada ketuntasan belajar siswa). Sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan signifikan antara pree test dengan post test dengan hasil uji beda t-hitung > t-tabel (t-hitung = 33,4 dan t-tabel (0,05) = 2,02) dengan teknik deskriftif infrensial atau (uji t-tes). Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini bukan saja membantu guru menyelesaikan masalah siswa, tetapi juga menginspirasi peneliti untuk dapat mengembangkan penggunaan peta konsep ini lebih jauh lagi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bidang pelajaran yang lainnya dan meningkatkan keterampilan guru dalam menciptakan proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan kreatif yang tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. Sehingga Pendidikan di Indonesia akan lebih maju dan berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan kemampuan menulis puisi, penerapan metode peta konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:03
Last Modified: 02 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item