MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TANJUNG LOMBOK UTARA DALAM MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY DISCOVERY TAHUN AJARAN 2010/2011

NINGSIH, DB. DEWI KOMALA (2011) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TANJUNG LOMBOK UTARA DALAM MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRY DISCOVERY TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi serta wawancara dengan guru SDN 2 Tanjung, diketahui bahwa permasalahan yang ada di SDN 2 Tanjung adalah: 1) kurangnya minat baca siswa , 2) Siswa kurang aktif dan kurang mandiri dalam menyelesaikan masalah dalam pembelajaran, 3) Adanya anggapan keliru dari siswa terhadap mata pelajaran PKn sebagai mata pelajaran menghapal, 4) Siswa kurang aktif dalam mengemukakan pendapat atau bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung, 5) Kurangnya keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hal ini mengakibatkan pembelajaran PKn menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya keaktifan belajar siswa pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang lebih melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Inquiry Discovery untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN 2 Tanjung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tanjung Lombok Utara. Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana tiap-tiap siklus terdiri dari: 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Tanjung, serta dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tanjung yang jumlah siswanya 32 orang. Hasil penilitian ini diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Pada siklus I aktivitas belajar siswa baru mencapai 70% dari jumlah keseluruhan skor yang didapat, begitu juga hasil aktivitas guru pada siklus I baru mencapai 70% dari keseluruhan jumlah skor yang diperoleh dan mengalami peningkatan pada Siklus II yaitu aktivitas belajar siswa 93,33%mengalami peningkatan yaitu 93,33% dan dikatakan sudah berhasil bahkan sudah lebih dari target yang ditetapkan yaitu 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan Belajar, Metode Inquiry Discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:48
Last Modified: 02 Aug 2018 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item View Item