MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENGAMATAN LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 44 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

JUMHAR, KO’O (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENGAMATAN LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 44 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Penggunaan media lingkungan sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan Puisi di SDN 44 Ampenan, belum pernah dilaksanakan.Data awal dapat dilihat dari 51 orang siswa 23 orang siswa mendapat nilai minimal 70,nilai rata-rata kelas 57,94, dengan ketuntasan belajar secara klasikal 41,13%.Media pengamatan lingkungan sekolah merupakan segala sesuatu yang terdapat di lingkungan sekolah baik berupa benda mati maupun benda hidup. Media tersebut digunakan sebagai sarana atau alat untuk membantu proses pembelajaran. Tujuannya agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan dasar ini maka peneliti mengadakan penelitian menggunakan media lingkungan sekolah untuk pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan media lingkungan sekolah apakah dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas III semester 2 SDN 44 Ampenan kecamatan Mataram tahun 2010/ 2011. Dari hasil data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 51 orang siswa 31 orang mendapat nilai minimal 70, ketuntasan belajar siswa secara klasikal 62,74 % dengan jumlah nilai rata-rata kelas 65,84 pada siklus II dari 51 orang siswa 44 orang siswa mendapat 70, ketuntasan belajar siswa secara klasikal 86,27 % dengan jumlah nilai rata-rata 75,39.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis Puisi, Media Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:45
Last Modified: 02 Aug 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7231

Actions (login required)

View Item View Item