MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 06 CAKRANEGARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH TAHUN AJARAN 2010/2011

RUSMIATI, ULFAH (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 06 CAKRANEGARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas II SDN 06 Cakranegara yang masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah yaitu untuk operasi penjumlahan baru mencapai 34,09 % dan pengurangan 40 %. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa kelas II SDN 06 Cakranegara dapat meningkat dengan menggunakan media sederhana pada operasi hitung bilangan cacah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN 06 Cakranegara pada operasi hitung bilangan cacah Tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri atas dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 06 Cakranegara yang terdiri dari 23 siswa dan yang menjadi observer dalam adalah guru. Data prestasi belajar diperoleh dengan cara memberikan tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakkan media sederhana sehingga diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 65 % dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus dua berdasarkan hasil analisis data evaluasi belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 86,36 % dengan kategori tuntas. Dengan memperhatikan ketuntasan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media sederhana pada pembelajaran materi pokok operasi hitung bilangan cacah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN 06 Cakranegera.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, media Sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:07
Last Modified: 25 Aug 2018 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7267

Actions (login required)

View Item View Item