PEMANFAATAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 02 ANJANI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ANDRIANI, LINDA (2011) PEMANFAATAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 02 ANJANI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN 02 Anjani, diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan kubus dan balok lebih rendah dibandingkan dengan prestasi belajar siswa untuk pokok bahasan yang lain. Pada Pembelajaran di kelas, guru menggunakan metode ekspositori, siswa hanya duduk, mendengar, mencatat, dan menghapal rumus tanpa didukung oleh penggunaan alat peraga, sehingga siswa merasa bosan, jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, guru hendaknya dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna, sehingga siswa memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran kubus dan balok dengan memanfaatkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, tahap refleksi dan pelaksanaan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan pada akhir setiap siklus sedangkan, data aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan klasikal pada setiap siklus yakni siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 87%. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran kubus dan balok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 02 Anjani Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat peraga, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item View Item