Penerapan Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen Siswa Kelas V SDN 11 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011

HANDAYANI, DIAN (2011) Penerapan Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen Siswa Kelas V SDN 11 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
03. ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan cooperative learning tipe co-op co-op untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas V SDN 11 Mataram TA 2010/2011. Penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas yang lazim disebut classroom action research. Adapun pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengolah data dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berupa data aktivitas, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar berupa hasil evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen dari siklus I ke siklus II. Pada pembelajaran siklus I, hasil belajar siswa presentase ketuntasan seluruh indikatornya 35,11 % , nilai rata-rata 72,82 dengan persentase ketuntasan belajar 75,5 %. Sedangkan siklus II, hasil belajar siswa presentase ketuntasan seluruh indikatornya 60 %, nilai rata-rata 85,64 dengan persentase ketuntasan belajar 88,9 %. Data yang diperoleh menujukkan bahwa dengan Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas V SDN 11 Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning, Tipe Co-op Co-op, Mengapresiasi cerpen..
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item