PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN BEDUS KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Febriana, Selvia Yut (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN BEDUS KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN Bedus pada tanggal 8 Januari 2010, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata–rata siswa yang belum mencapai KKM. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapakan metode bermain jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Bedus Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 15 April sampai tanggal 06 Mei 2011 dalam 3 siklus, dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bedus tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 39 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes essay tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa dan guru diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, dikatakan telah meningkat apabila skor aktivitas secara klasikal minimal dalam kategori aktif. Prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila rata–rata skor hasil evaluasi yang diperoleh siswa minimal 65,0 dan presentase siswa yang memperoleh minimal kategori nilai baik mencapai 85%. Berdasarkan hasil penilaian siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa berturut-turut 16,01, 18,33, dan 23,01. Sedangkan presentse ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III, berturut-turut yaitu 56%, 58%, dan 87%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode Bermain jawaban dapat digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN Bedus tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bermain Jawaban, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7289

Actions (login required)

View Item View Item