PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II DI SDN 2 KEKAIT TAHUN AJARAN 2010/2011

WINARNI, NI MADE (2011) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II DI SDN 2 KEKAIT TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CDR MADE.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Sains pada siswa kelas IV semester II di SDN 2 Kekait. Penyebabnya adalah kesulitan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran kurang bervariasi. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam pengembangan terhadap penanaman konsep-konsep dasar pembelajaran sains khususnya dan memberikan wawasan bagi guru sebagai suatu alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Sains dengan penerapan metode demontrasi berbasis teori Bruner. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada mata pelajaran yang diajarkan adalah Sains dengan pokok bahasan energi bunyi dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis teori Bruner yaitu melakukan demonstrasi dengan menggunakan benda kongkret. Indikator ketercapaian penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa mencapai KKM 65 dan dengan ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus I jumlah siswa yang mengikuti tes sebanyak 37 orang. Kemudian pada siklus II siswa yang mengikuti pembelajaran sebanyak 35 orang karena ada dua orang siswa yang tidak hadir. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,91 menjadi 84,57 pada siklus II, terjadi peningkatan dari siklus I dengan siklus II sebesar 15,66 poin. Sedangkan untuk nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70,27% menjadi 82,85% pada siklus II, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,58%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis teori Bruner dapat meningkatkan prestasi belajar Sains pada siswa kelas IV semester II di SDN 2 Kekait tahun ajaran 2010/2011. Saran dalam penelitian ini adalah semoga pihak sekolah maupun guru dapat mempertimbangkan dan menerapkan metode demonstrasi berbasis teori Bruner dalam proses pembelajaran Sains maupun pada mata pelajaran yang lainnya sehingga siswa dapat lebih aktif dan termotivasi untuk membangun pemahaman konsepnya secara mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Demonstrasi, Teori Bruner.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item View Item