PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS SISWA SEMESTER II KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

JAYA, KADEK YUL ARIADI (2011) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS SISWA SEMESTER II KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kadek Yul Ariadi Jaya.docx
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Metode belajar yang digunakan oleh guru di SDN 32 Cakranegara, khususnya pada mata pelajaran sains masih didominasi oleh metode ceramah dan kegiatan yang berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa sangat pasif, kurang minat dan motivasi belajarnya, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains siswa semester II kelas V SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010 dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar sains pada siswa sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi kelompok siswa semester II kelas V SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari lima tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa semester II kelas V SDN 32 Cakranegara yang berjumlah 34 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh rata-rata prestasi belajar sebesar 69,85 dan ketuntasan klasikal sebesar 76,47% dengan KKM yang telah ditetapkan adalah 65. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 73,52 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 91,17%. Perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi kelompok adalah signifikan pada taraf 1% dimana thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung 6,72 dan ttabel pada taraf 1% berada pada 2,736. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains antara sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi kelompok. Disarankan kepada guru kelas/guru mata pelajaran sains agar memperhatikan, mengimplementasikan, mengembangkan dan memodifikasi metode diskusi kelompok dalam proses belajar mengajar karena sudah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai hasil penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Diskusi Kelompok , Prestasi Belajar,.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item