Penerapan Metode Drill Pada Siswa Kelas V SDN 40 Ampenan dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Sinopsis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Supriatin, Dwi (2011) Penerapan Metode Drill Pada Siswa Kelas V SDN 40 Ampenan dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Sinopsis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi finish.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan kondisi konkrit yang ditemukan, secara garis besar pokok permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun sinopsis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengatasi pokok permasalahan yang terjadi, guru menerapkan metode drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menyusun sinopsis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V/A SDN 40 Ampenan dalam menyusun sinopsis melalui penerapan metode drill pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai hasil analisis data yang diperoleh dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Penerapan metode drill dalam pembelajaran menyusun sinopsis dapat meningkatkan kemampuan guru baik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan kemampuan guru secara jelas terlihat dari adanya peningkatan perolehan skor akhir yang dicapai. Pada pelaksanaan siklus I, diperoleh skor 2,8 dalam kemampuan perencanaan pembelajaran dan diperoleh skor 2,65 dalam pelaksanaan pembelajaran. Kemudian pada pelaksanaan siklus II, diperoleh skor 3 dalam perencanaan pembelajaran dan skor 2,92 dalam pelaksanaan pembelajaran. 2. Penerapan metode drill dalam pembelajaran menyusun sinopsis pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V/A SDN 40 Ampenan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan perolehan skor aktivitas siswa pada tiap siklusnya dengan kategori awal cukup aktif dengan perolehan skor sebesar 8 (delapan) menjadi sangat aktif dengan peningkatan perolehan skor sebesar 14 (empat belas). Perolehan skor aktivitas belajar siswa yang dicapai dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa secara klasikal dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode drill. 3. Secara keseluruhan penerapan metode driil dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V/ A SDN 40 Ampenan dalam menyusun sinopsis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini sesuai dengan peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Dimana nilai perolehan pada pelaksanaan siklus II telah berada di atas nilai rata-rata kelas yaitu dari 59,21 pada siklus I meningkat menjadi 68,15 pada siklus II. Kemudian, terlihat juga peningkatan pada perolehan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu dari 55,26% menjadi 81,57% pada siklus II atau dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 26,31% dari siklus sebelumnya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan aktivitas siswa secara klasikal dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode drill
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7296

Actions (login required)

View Item View Item