PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 MARONG KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN 2010/ 2011

SAPUTRA, HUKMAN EDI (2011) PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 MARONG KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
new.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Dari hasil observasi awal yang didapat, kelas V SDN 1 Marong Kecamatan Praya Timur, masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menggunakan bahasa secara lisan, siswa juga tidak pernah mengungkapkan pertanyaan, ide/gagasan, ataupun pendapat tentang materi yang dipelajarinya Hal ini dikarenakan oleh kurangnya minat siswa dan faktor guru yang kurang cermat dalam membimbing siswa. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa untuk keterampilan berbicara rendah. Berdasarkan hal di atas, maka penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan metode pemodelan. Metode pemodelan adalah suatu rencana penyajian bahan yang sistematis melalui pertunjukan atau demonstrasi, bagaimana menggunakan atau melakukan sesuatu dengan menyaksikan tingkah laku orang lain. Metode ini juga mengajarkan siswa untuk mendengarkan model, menganalisis model dan latihan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil observasi untuk penilaian proses. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes lisan yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa bisa mencapai nilai KKM 65. Siklus I, nilai rata-rata siswa 70, ketuntasan belajar secara klasikal 62%, komponen aktivitas guru 80%, aktivitas siswa 64%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 86,5, dan ketuntasan belajar secara klasikal 95%, komponen aktivitas guru 93%, aktivitas siswa 84%. Persentase peningkatan nilai rata-rata siswa 16,5, ketuntasan belajar secara klasikal meningkat 33%, komponen aktivitas guru 13%, aktivitas siswa 20%. Jadi penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 1 Marong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Intonasi, pelafalan, gesture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item